Harry Potter - Golden Snitch
JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTARNYA GAN...!!! KAN BELUM TUA (PIKUN) JADI HARUS INGAT..!!

7 TRIK PADA SEARCH ENGINE GOOGLE

Jumat, 25 November 2011

Jumat, 25 November 2011
Kali ini saya akan membahas bagaimana trik  google untuk mencari informasi yang relevant.
Sebenarnya Mencari informasi pakai google sudah dimudahkan oleh google itu sendiri. Hanya dengan mengetikkan beberapa kata (keyword) google langsung mengampilkan daftar website yang berhubungan dengan informasi yang kita cari.
Tapi terkadang TIDAK SEMUDAH itu?
Jujur saja walaupun Google sudah memudahkan kita namun terkadang kita sendiri yang mempersulit. Berikut beberapa Rahasia Google yang WAJIB anda ketahui (Saya katakan rahasia karena banyak orang yang tidak tahu).
1. Mencarilah secara spesifik
YA! ini mungkin kesalahan terbesar orang yang jarang pakai google. Jika melakukan pencarian informasi selalu tidak spesifik. Misalkan anda sedang mencari informasi berupa keyword(kata kunci) cinta, tapi informasi cinta apa? Apakah tips cinta, lagu cinta, lirik cinta, kisah cinta? Ada beragam kemungkinan tentang cinta
Sebagai contoh anda sedang mencari informasi tentang tips cinta. Tulislah tips cinta untuk mencari di google. Jika anda hanya mengetikkan cinta, google kemungkinan BESAR tidak akan memberikan hasil yang relevant kepada anda.
Cara mencari informasi spesifik adalah yang terbaik, bahkan kalau perlu gunakan sampai lebih dari lima kata
2. Gunakan keyword berbeda tapi artinya sama
Bagaimanapun informasi di internet itu dibuat oleh manusia. Cara manusia mengungkapkan sesuatu yang sama, bisa saja dengan bahasa yang berbeda. Misalnya: membuat komputer, bisa saja ada orang yang menulis artikel membuat komputer dengan ejaan lain semacam merakit komputer atau membuat pc.
Jadi jika pencarian informasi anda tidak kunjung berhasil coba pikirkan keyword-keyword lain yang kiranya artinya sama. Trik google yang satu ini membutuhkan kemampun anda dalam berbahasa, ya katakanlah semacam sinonim.
3. Malu Bertanya Sesat di jalan
Jika anda sedang menggunakan google untuk menjawab pertanyaan? Cobalah juga gunakan kalimat tanya untuk melakukan pencarian informasi.
  • Siapa itu Adolf hittler
  • Apa rumus pytaghoras
  • Bagaimana cara menggunakan proxy
  • Bagaimana cara menggunakan google
hasilnya dengan trik google yang satu ini adalah selain lebih relevan juga pertanyaan anda langsung terjawab bukan !?
4. Paksa Google dengan “tanda kutip”
Umpamanya google anda suruh-suruh untuk mencari informasi kematian tokoh manga. Dia mungkin tidak akan memberikan hasil persis sesuai yang kita minta. Hasil pencarian mungkin akan menjadi seperti ini “kematian bla bla bla….tokoh di manga bla…bla”. OK! hasil seperti itu memang tidak bisa disalahkan karena ada faktor lain daripada hanya sekedar rangkaian keyword dalam menentukan informasi yang relevan.
Nah supaya menghasilkan pencarian informasi sesuai rangkaian keyword yang diinginkan. Gunakan salah satu trik google yaitu tanda kutip (” keyword “) menjadi “kematian tokoh manga”. Dengan cara seperti ini akan mengurangi hasil pencarian ditambah informasi yang ditampilkan akan semakin relevan
5. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)
Bukan hanya di aritmatika ada penjumlahan dan pengurangan :) . Google juga bisa kok. tentu saja  fungsinya juga sama. Rahasia Google ini sangat jarang padahal sudah jelas-jelas ditulis di bagian HELP.
Tanda (+)
untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan “kematian tokoh manga” (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja . Maka cukup anda tulis di “kematian tokoh manga” +naruto. Hasilnya selain mencari keyword “kematian tokoh manga” google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword “naruto”.
Tanda (-)
Tentu saja digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian.Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dsb.
Coba anda bayangkan kita akan mencari soal psikotes. tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda – untuk menghilangkan iklan. Menjadi “soal psikotes” -iklan.
Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau lintasberita.com. contohnya “soal psikotes” – site:lintasberita.com
6. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)
Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:”tipe “.
Misalnya ingin mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, Ya tinggal ketikkan saja “soal psikotes” filetype:pdf. Untuk melihat apa saja kode file yang didukung google bisa dilihat di http://www.google.co.id/advanced_search?hl=id
7. Ada Banyak Jalan menuju Roma
Google memang boleh dikata penguasa dalam penyedia dan alat mencari informasi di internet. Tapi masih banyak media lain yang dapat memberikan informasi. katakanlah yahoo, wikepedia, youtube, ask dsb. Anda bisa menggunakan 7 mesin pencari informasi di internet secara bersamaan dan mendapatkan hasil pencarian yang lebih banyak dan relevan.
Selain 7 diatas masih banyak kok rahasia google yang tidak saya tulis (Karena memang saya juga tidak tahu). Tapi saya harapkan dengan trik-trik google diatas dapat lebih memperkaya cara mencari informasi lewat google.

Jangan lupa komentarnya..!!!

Comments:

Posting Komentar

ADD YOUR COMMENTS

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Hajir21 Blog © Copyright 2010 | Design By Gothic Darkness |